ANALYSIS OF FACTORS THAT INFLUENCE THE ATTITUDE OF ENTREPRENEURS IN CHOOSING FINANCING SHARIA BANK

0
07.56

Oleh :
1.  Amanda Erica Prakasiwi                  (E2A015023)
2.  Fransiska Novita Maria Santika       (E2A015022)
3.  Mery Avita Candravoni                    (E2B015021)
4.  Devi Ima Zeni Lestari                        (E2B015023)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemahaman produk bank syariah, promosi, dan religiusitas pada sikap pengusaha dalam memilih pembiayaan di bank syariah. Data dikumpulkan melalui kuesioner kepada 101 pengusaha di kota semarang dengan menggunakan metode random sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear. variabel independen yang memahami produk-produk bank syariah, promosi, dan religiusitas terasa bersama-sama dan secara terpisah dengan variabel dependen sikap pengusaha. Hasil menunjukkan bahwa pemahaman tentang produk perbankan syariah memiliki dampak yang signifikan terhadap sikap pengusaha dalam memilih produk bank syariah sedangkan promosi dan religiusitas pengaruh signifikan terhadap sikap pengusaha dalam memilih pembiayaan di bank syariah. Adapun analisis mengenai  faktor yang mempengaruhi operator memilih pembiayaan di bank syariah menjadi objek studi. Pengusaha adalah individu yang memiliki frekuensi tinggi dalam kaitannya dengan layanan perbankan. Untuk pengusaha Muslim terikat dengan ketentuan ajaran Islam, keputusan dalam memilih syariah dalam pembiayaan bank tidak hanya berdasarkan motif rasional untuk mempertimbangkan hanya faktor ekonomi, tetapi juga normatif berdasarkan emosional pertimbangan agama. Namun agama sebenarnya bukan merupakan faktor utama yang mendorong pengusaha untuk bermitra dengan bank syariah. Theoritical Frame Work Dan Hipotesis Formulasi Sikap pengusaha hipotesis dipengaruhi oleh motif rasional daripada motif emosional. Dihadapkan dengan pilihan pengusaha bisnis memiliki kecenderungan untuk kembali ke sifatnya sebagai manusia rasional yang lebih peduli dengan keuntungan materi atau utilitas. Selain perilaku rasional dipamerkan oleh para pengusaha yang ingin membuat keuntungan tetapi di sisi lain juga memiliki latar belakang religiusitas pengusaha yang dapat mempengaruhi sikap emosional mereka. Ada faktor lain yang menentukan sikap pengusaha dalam memilih bank syariah faktor promosi pembiayaan. Promosi adalah teknik yang digunakan untuk mengkomunikasikan informasi tentang produk kepada konsumen melalui personal selling, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan periklanan dirangkum dalam 4 komponen utama promosi. Tujuan promosi dapat dihubungkan dengan peran khusus dari setiap konsumen dalam bauran pemasaran. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data primer yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah bahwa data yang diperoleh dari jawaban responden terhadap pertanyaan yang  diajukan oleh peneliti. Data diperlukan adalah jawaban responden mengenai religiusitas , produk dan mekanisme pemahaman keuangan Islam, dan sikap pengusaha dalam memilih pembiayaan di bank syariah. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer (data primer). Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa sikap pengusaha dalam memilih pembiayaan di bank syariah lebih langsung dipengaruhi oleh motif rasional. Profit motive yang mendasari pengusaha memahami pembiayaan bank syariah. Sementara religiusitas sebagai motif emosional tidak terbukti secara langsung mempengaruhi sikap pengusaha dalam memilih pembiayaan di bank syariah. Juga tidak menemukan bukti dari faktor promosi langsung mempengaruhi sikap pengusaha dalam memilih pembiayaan di bank syariah.


DAFTAR PUSTAKA

Ajzen, I. 2005. Attitude, Personality, and Behavior. 2nd Edition. Berkshire, UK Open University Press-McGraw Hill Education.
Ascarya, Diana Yumanita, dan Noer Azam Achsani, Gruh S, 2008, Comparing the Efficiency of Conventional and Islamic Banks in Indonesia using Parametric and Nonarametric Approaches, Bank Indonesia, Jakarta
Bank Indonesia, 2006, Booklet Perbankan Indonesia, Direktorat Perijinan dan Informasi Perbankan.
Bouffard,J.A, et al, 2010, Methodological Artifacts in Test of Rational Choice Theory, Journal of Criminal Justice, Vol.38, pp. 400-409
Craven, DW.1995, Pemasaran Strategis Jilid II (Indonesia edition), Erlangga Publiser.
Etzioni A.,1986, Rationality Is Anti-Entropic, Journal of Economic Psycology, Vol. 7, pp.17-36 Noth-Holland
Etzioni A.,1988, Normative-Affective factors : Toward A New Decision Making Model,, Journal of Economic Psycology, Vol. 9, pp.125-150 Noth-Holland
Etzioni A.,2010, Behavioral economic: A Methodological Note, Journal of Economic Psycology, Vol. 31, Noth-Holland
BNI Syari’ah, 2007, Peluang dan Tantangan Bank Syari’ah di Indonesia, Al-Kautsar Prima, Jakarta.
Hardiwinoto, 2012, Analallisis Faktor Emosional dan Rasional dalam Keputusan Pembiayaan Perusahaan Melalui Bank Syariah Di Jawa Tengah, Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ekonomi Terapan, ISBN 978-602-19322-0-9
Haron, et al, 1994, Bank Patronase Factors of Muslim and Non Muslim Customer, International Journal of Bank Mareketing, Vol. 12 No. 1, pp. 32 - 40
Isgiarta, Jaka, 2008, Tujuan Laporan Keuangan Islami, paper disajikan pada International Seminar and Symposium IAIE, Surabaya.
Ismail, Wahyuni, 2004, Korelasi antara Relegiusitas Dan Aplikasi Konseling Dengan Prilaku penyalahgunaan Narkoba,Tesis, UIN, Makasar.
Jensen,CM. dan W. Meckling, 1976, Theory of The Firm Managerial Behaviour, Agency Cost and Capital Structure, Journal of Finacial Economics 3
Kahnemen,D 1991, Judgment and Decision Making : a Personal View, Psycological Science, pp. 142-145.
March, 1978, Bounded Rationality, Ambiguity and the Engineering of Choice, Bell journal of Economics, Vo.9,pp.587-608
Mews, Constatant J. dan Ibrahim Abraham, 2007, Usury and Just Compensation : Relegius and Financial Ethics in Historical Perspective, Journal of Business Ethics, 72 : 1-15.
Rammal, Hussain G. dan Ralf Zubreugg, 2004, Measuring The Awarness of Australian Muslims Towards Shari’ah Comlient Banking Product, Indonesian Management and Accounting Research, Vol 3, No. 1 p 351 - 362
Robbin, Stepen P., 2004, Perilaku Organisasi, Konsep, Kontroversi, dan Alplikasi, Edisi Indonesia, PT Prenhalindo, Jakarta.
Scholten, et al,2007, Motivated Information Processing and Group Decision-Making : Effects of Process Accountability on Information Processing and Decision Quality, Journal Of Experimental Sociology, Vol. 43, pp.539-552.
Tversky,A & Kahmen, 1986, Rational Choice and The Framing of Decisions, Journal of Business,pp. 251-278
Wahyuni, 2010, Korelasi Relegiusitas dan Korelasi Terhadap Aplikasi Konseling Dengan Prilaku Penyalahgunaan Narkoba, Lentera Pendidikan, Vol.13 No 2 Desember 2010, pp, 121-133
Woldie, Atsede, dan Saad Nasser Al Hajri, 2004, Islamic Banking in The West : The Need for Islamic Banking in The UK, Indonesian Management and Accounting Research, Vol II no 1 Januari

About the author

Donec non enim in turpis pulvinar facilisis. Ut felis. Praesent dapibus, neque id cursus faucibus. Aenean fermentum, eget tincidunt.

0 komentar: