ANALYSIS OF FACTORS THAT INFLUENCE THE ATTITUDE OF ENTREPRENEURS IN CHOOSING FINANCING SHARIA BANK
0
Oleh
:
1. Amanda
Erica Prakasiwi (E2A015023)
2. Fransiska
Novita Maria Santika (E2A015022)
3. Mery
Avita Candravoni (E2B015021)
4. Devi
Ima Zeni Lestari (E2B015023)
Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis pengaruh pemahaman produk bank syariah, promosi, dan religiusitas
pada sikap pengusaha dalam memilih pembiayaan di bank syariah. Data dikumpulkan
melalui kuesioner kepada 101 pengusaha di kota semarang dengan menggunakan
metode random sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi
linear. variabel independen yang memahami produk-produk bank syariah, promosi,
dan religiusitas terasa bersama-sama dan secara terpisah dengan variabel
dependen sikap pengusaha. Hasil menunjukkan bahwa pemahaman tentang produk
perbankan syariah memiliki dampak yang signifikan terhadap sikap pengusaha
dalam memilih produk bank syariah sedangkan promosi dan religiusitas pengaruh
signifikan terhadap sikap pengusaha dalam memilih pembiayaan di bank syariah.
Adapun analisis mengenai faktor yang
mempengaruhi operator memilih pembiayaan di bank syariah menjadi objek studi.
Pengusaha adalah individu yang memiliki frekuensi tinggi dalam kaitannya dengan
layanan perbankan. Untuk pengusaha Muslim terikat dengan ketentuan ajaran
Islam, keputusan dalam memilih syariah dalam pembiayaan bank tidak hanya
berdasarkan motif rasional untuk mempertimbangkan hanya faktor ekonomi, tetapi
juga normatif berdasarkan emosional pertimbangan agama. Namun agama sebenarnya
bukan merupakan faktor utama yang mendorong pengusaha untuk bermitra dengan
bank syariah. Theoritical Frame Work Dan Hipotesis Formulasi Sikap
pengusaha hipotesis dipengaruhi oleh motif rasional daripada motif emosional.
Dihadapkan dengan pilihan pengusaha bisnis memiliki kecenderungan untuk kembali
ke sifatnya sebagai manusia rasional yang lebih peduli dengan keuntungan materi
atau utilitas. Selain perilaku rasional dipamerkan oleh para pengusaha yang
ingin membuat keuntungan tetapi di sisi lain juga memiliki latar belakang
religiusitas pengusaha yang dapat mempengaruhi sikap emosional mereka. Ada faktor
lain yang menentukan sikap pengusaha dalam memilih bank syariah faktor promosi
pembiayaan. Promosi adalah teknik yang digunakan untuk mengkomunikasikan
informasi tentang produk kepada konsumen melalui personal selling, promosi
penjualan, hubungan masyarakat dan periklanan dirangkum dalam 4 komponen utama
promosi. Tujuan promosi dapat dihubungkan dengan peran khusus dari setiap
konsumen dalam bauran pemasaran. Data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah data primer. Data primer yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah bahwa
data yang diperoleh dari jawaban responden terhadap pertanyaan yang
diajukan oleh peneliti. Data diperlukan
adalah jawaban responden mengenai religiusitas , produk dan
mekanisme pemahaman keuangan Islam, dan sikap pengusaha dalam memilih
pembiayaan di bank syariah. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah data primer (data primer).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa sikap pengusaha dalam memilih
pembiayaan di bank syariah lebih langsung dipengaruhi oleh motif rasional.
Profit motive yang mendasari pengusaha memahami pembiayaan bank syariah.
Sementara religiusitas sebagai motif emosional tidak terbukti secara langsung
mempengaruhi sikap pengusaha dalam memilih pembiayaan di bank syariah. Juga
tidak menemukan bukti dari faktor promosi langsung mempengaruhi sikap pengusaha
dalam memilih pembiayaan di bank syariah.
DAFTAR
PUSTAKA
Ajzen,
I. 2005. Attitude, Personality, and Behavior. 2nd Edition. Berkshire, UK
Open University Press-McGraw Hill Education.
Ascarya,
Diana Yumanita, dan Noer Azam Achsani, Gruh S, 2008, Comparing the Efficiency
of Conventional and Islamic Banks in Indonesia using Parametric and
Nonarametric Approaches, Bank Indonesia, Jakarta
Bank
Indonesia, 2006, Booklet Perbankan Indonesia, Direktorat Perijinan dan Informasi
Perbankan.
Bouffard,J.A,
et al, 2010, Methodological Artifacts in Test of Rational Choice Theory,
Journal of Criminal Justice, Vol.38, pp. 400-409
Craven,
DW.1995, Pemasaran Strategis Jilid II (Indonesia edition), Erlangga
Publiser.
Etzioni
A.,1986, Rationality Is Anti-Entropic, Journal of Economic Psycology,
Vol. 7, pp.17-36 Noth-Holland
Etzioni
A.,1988, Normative-Affective factors : Toward A New Decision Making Model,, Journal
of Economic Psycology, Vol. 9, pp.125-150 Noth-Holland
Etzioni
A.,2010, Behavioral economic: A Methodological Note, Journal of Economic
Psycology, Vol. 31, Noth-Holland
BNI
Syari’ah, 2007, Peluang dan Tantangan Bank Syari’ah di Indonesia,
Al-Kautsar Prima, Jakarta.
Hardiwinoto,
2012, Analallisis Faktor Emosional dan Rasional dalam Keputusan Pembiayaan
Perusahaan Melalui Bank Syariah Di Jawa Tengah, Prosiding Seminar Nasional
Ilmu Ekonomi Terapan, ISBN 978-602-19322-0-9
Haron,
et al, 1994, Bank Patronase Factors of Muslim and Non Muslim Customer, International
Journal of Bank Mareketing, Vol. 12 No. 1, pp. 32 - 40
Isgiarta,
Jaka, 2008, Tujuan Laporan Keuangan Islami, paper disajikan pada International
Seminar and Symposium IAIE, Surabaya.
Ismail,
Wahyuni, 2004, Korelasi antara Relegiusitas Dan Aplikasi Konseling Dengan
Prilaku penyalahgunaan Narkoba,Tesis, UIN, Makasar.
Jensen,CM.
dan W. Meckling, 1976, Theory of The Firm Managerial Behaviour, Agency Cost and
Capital Structure, Journal of Finacial Economics 3
Kahnemen,D
1991, Judgment and Decision Making : a Personal View, Psycological Science,
pp. 142-145.
March,
1978, Bounded Rationality, Ambiguity and the Engineering of Choice, Bell
journal of Economics, Vo.9,pp.587-608
Mews,
Constatant J. dan Ibrahim Abraham, 2007, Usury and Just Compensation : Relegius
and Financial Ethics in Historical Perspective, Journal of Business Ethics,
72 : 1-15.
Rammal,
Hussain G. dan Ralf Zubreugg, 2004, Measuring The Awarness of Australian
Muslims Towards Shari’ah Comlient Banking Product, Indonesian Management and
Accounting Research, Vol 3, No. 1 p 351 - 362
Robbin,
Stepen P., 2004, Perilaku Organisasi, Konsep, Kontroversi, dan Alplikasi,
Edisi Indonesia, PT Prenhalindo, Jakarta.
Scholten,
et al,2007, Motivated Information Processing and Group Decision-Making :
Effects of Process Accountability on Information Processing and Decision
Quality, Journal Of Experimental Sociology, Vol. 43, pp.539-552.
Tversky,A
& Kahmen, 1986, Rational Choice and The Framing of Decisions, Journal of
Business,pp. 251-278
Wahyuni,
2010, Korelasi Relegiusitas dan Korelasi Terhadap Aplikasi Konseling Dengan
Prilaku Penyalahgunaan Narkoba, Lentera Pendidikan, Vol.13 No 2 Desember
2010, pp, 121-133
Woldie, Atsede, dan
Saad Nasser Al Hajri, 2004, Islamic Banking in The West : The Need for Islamic
Banking in The UK, Indonesian Management and Accounting Research, Vol II
no 1 Januari
0 komentar: